BERBAGI DI MASA PANDEMI BERSAMA FWD LIFE

by - May 24, 2020

Hi semuanya,  masih suasana idul fitri sebelumnya aku mau mengucapkan selamat lebaran  bagi teman-teman yang merayakannya dan juga mohon maaf lahir batin ya. Ramadhan dan juga Idul Fitri di tahun 2020 ini bisa dibilang merupakan momen pertama kita semua melewatinya di masa pandemi covid-19, tentu bukanlah hal yang mudah untuk kita semua menghadapinya karena pasti berdampak sangat besar untuk kehidupan di semua lini, baik pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan juga kebiasaan hidup kita. Dari awalnya kita bisa keluar rumah untuk belajar, beribadah, bekerja atau hanya sekedar hang out mengisi waktu luang di luar rumah, kini hal tersebut praktis harus di tahan karena pandemi ini memaksa semua orang untuk tetap berada dirumah sebagai bentuk ikhtiar memutus penyebaran covid-19. Apa itu sudah pasti efektif? tentu belum bisa kita pastikan karena di seluruh dunia pun sedang trial & error untuk mencoba segala hal untuk mengurangi dan juga memutus mata rantai penyebaran covid-19 sampai vaksin ditemukan.




Membahas tentang covid-19 saat ini tentu tidak akan ada habisnya, daripada kita terus menerus bertanya "kapan pandemi ini berakhir?" yang sudah bisa dipastikan belum ada satupun orang yang mampu menjawab dengan pasti, berbagai ulasan dan pendapat ahli pun pernah aku baca tentang berakhirnya pandemi tapi lagi dan lagi itu hanya sekedar prediksi yang tentu bisa saja "iya" bisa saja "tidak" kebenarannya. Jika kita terus terpaku akan pertanyaan kapan dan kapan maka akan membuat hidup kita semakin terpuruk dan juga berat, tentu itu akan memperburuk situasi ya, lebih baik kita isi di masa pandemi ini dengan kegiatan yang lebih positif dan juga produktif seperti mulai menjaga kesehatan mental dengan tidak terlalu panik selama pandemi, berolahraga ringan dirumah, jika kamu suka menulis cobalah untuk memulai mengasah menulis, membaca buku, tetap mengkonsumsi makanan sehat dan tentunya terus menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat)
Ohya tentu kita sering membaca bahkan melihat berbagai informasi di social media tentang dampak paling besar dirasakan masyarakat setelah pandemi covid-19, salah satunya di bidang perekonomian yang amat sangat berpengaruh tentunya pada penghasilan dan pemasukan, mungkin bagi sebagian orang yang masih memiliki penghasilan tetap bulanan atau memiliki investasi serta tabungan yang cukup, dampak ini tidaklah terlalu menghantam perekonomian, namun bagi masyarakat yang memiliki pengahasilan harian, pandemi ini sangat-sangat menghantam perekonomian mereka.


Beberapa waktu lalu aku sempat mengikuti Live Streaming di Instagram Kumparan tentang Financial Talk #DirumahAjaBarengFWD bersama Komika Dono Pradana dan Aidil Akbar seorang Financial Expert. Ohya. FWD itu apasih?  "PT FWD Life Indonesia (“FWD Life”) merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Produk yang ditawarkan adalah produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan kumpulan melalui  jalur distribusi yang didukung teknologi terintegrasi termasuk keagenan, bancassurance, e-commerce dan korporasi. (Sumber dari https://www.fwd.co.id/id/about/our-story/ ) . Dalam live streaming dijelaskan tentang financial planning yang bisa kita aplikasikan di masa pandemi agar keuangan tidak carut marut diantaranya adalah dengan :
  • Memulai memilah memilih mana kebutuhan primer yang wajib dikeluarkan dan mana kebutuhan yang tidak terlalu penting.
  • Memulai juga memutar ide kreatif jika penghasilan menurun dengan mencari tambahan penghasilan misalnya dengan menciptakan peluang membuka bisnis online kecil-kecilan atau memanfaatkan skill dan keterampilan diri.
  • Mulai berinvestasi
  • Mulai menabung
  • Memiliki dana darurat
  • Melek juga terhadap pentingnya asuransi (kesehatan khususnya)
  • Menurunkan gengsi 
  • Utang untuk sesuatu yang produktif, misalnya kamera untuk digunakan sebagai kegiatan photoghraphy yang tentu mengasilkan, motor untuk digunakan sebagai ojek online, dsb.
  • Mulai menahan diri untuk tidak sering jajan diluar, bisa memulai untuk membuat cemilan atau makanan home made selain sehat juga lebih hemat  
Poin-poin diatas merupakan beberapa poin yang aku garis bawahi pada financial talk bersama FWD. Beberapa poin yang disebutkan memang sudah aku terapkan jauh sebelum ada pandemi dan poin lainnya sedang dan akan mulai dipersiapkan dari sekarang. Ohya sebenarnya ada satu hal lagi yang biasa aku lakukan bahkan sebelum pandemi sebagai cara aku mengelola keuangan yang lebih sehat lagi yaitu dengan membiasakan berbagi meski sedikit, meski saat-saat sulit karena buat aku pribadi dengan berbagi ada rasa ketenangan tersendiri yang membuat kita melatih empati dan kepedulian kepada orang lain serta menjaga rasa syukur kita kepada apapun yang Tuhan kita beri. Secara tidak langsung dengan berbagi juga mampu memyehatkan mental kita menjadi mental kaya dan mental merasa cukup, apalagi ini juga sesuai dengan anjuran dari kepercayaan yang aku yakini bahwa dengan berbagi sebetulnya harta kita tidaklah berkurang justru akan semakin bertambah berkahnya.


Pas banget nih ternyata FWD Life saat ini sedang berkolaborasi bersama SOS Children’s Villages yang merupakan organisasi nonprofit terbesar di dunia, yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan anak-anak yang telah atau beresiko kehilangan pengasuhan orang tua kebutuhan utama mereka, yaitu keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang (sumber www.sos.or.id ). Kolaborasi untuk berbagi ini mengajak teman-teman semua berdonasi Rp. 200.000,- melalui link https://kitabisa.com/campaign/berbagibarengFWD yang nantinya seluruh profit akan disumbangkan untuk SOS Children's Village untuk membantu hak anak-anak yang beresiko kehilangan pengasuhan orangtua tetap terpenuhi selama pandemi covid-19, sebagai feedback ucapan terimakasih setiap donatur akan mendapat kaos jersey dari FWD Life. 

Indahnya berbagi meski dimasa sulit saat ini, aku yakin tidak akan ada satupun kebaikan yang sia-sia ketika kita melakukannya dengan setulus hati. sekian dulu ya pembahasan kali ini, jangan lupa untuk terus jaga kesehatan diri dan keluarga, stay safe, stay at home semoga pandemi ini segera berlalu ya. aaamiin.


Website klik 👉 FWD Life

You May Also Like

0 comments

Total Pageviews