Moment First Day School di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam

by - July 18, 2018

Momen idul fitri ditahun 2018 ini masih masuk di pertengahan tahun, berbarengan dengan libur akhir sekolah, masa kenaikan kelas dan kelulusan peserta didik diseluruh tingkatan sekolah. Momen lebaran dan juga liburan akhir sekolah yang berbarengan tentu membuat para orangtua peserta didik banyak yang menghabiskan waktu liburannya dengan mudik dan berlibur keluar kota bahkan luar negeri. Liburan sekolah kurang lebih satu bulan lama nya, jadi sangat efektif dimanfaatkan untuk mengajak anak-anak berlibur sampai masa sekolah tiba. Dan ketika liburan akan berakhir maka orangtua dan peserta didik tentu akan memulai mempersiapkan diri dan perlengkapan alat sekolah karena di pertengan tahun peserta didik masuk sekolah dengan tingkatan baru dan ada pula yang masuk ke jenjang sekolah yang baru. Masa pengenalan ini biasanya sekolah akan mengadakan masa pengenalan sekolah dan sebagainya. Dan disini saya akan sharing tentang moment first day school di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam Depok.




Sekolah Alam Indonesia adalah sekolah yang mengedapankan dimensi alam sebagai sumber ilmu yang dapat diterapkan langsung oleh peserta didik. Sekolah Alam Indonesia tidak menggunakan bangunan gedung yang mewah,fisik ruangan kelas, kantor dan ruang guru menggunakan saung kelas dari kayu. Karena pendidikan yang berkualitas tidak ditentukan oleh bangunan fisik gedungnya, melainkan pada kualitas guru, metodologi yang benar dan juga resource buku yang memadai.

Pintu gerbang depan SAI Studio Alam Depok

Tahun ajaran 2018-2019 Sekolah Alam Indonesia telah dimulai, dan yang unik di SAI yaitu hari pertama masuk sekolah selalu jatuh di hari selasa bukan di hari senin, karena hari senin digunakan untuk para guru mempersiapkan diri, ruangan dan perlengkapan menyambut anak-anak kembali ke sekolah. Ditahun ini tema penyambutan anak-anak SAI Studio Alam Depok adalah batik, jadi guru-guru SAI menyambut anak-anak dengan memakai baju bertema batik. Mulai jam 07.00 pagi guru-guru sudah siap stand by berbaris menyambut anak-anak yang satu persatu hadir didampingi orangtua mereka masing-masing. Anak-anak di SAI ciri khas nya adalah memakai baju bebas dan sepatu boots warna warni. Oiya guru-guru di SAI juga diharuskan memakai baju yang terang dan berwarna agar suasana lebih ceria dan indah dipandang mata khususnya anak-anak yang pasti sangat suka dengan beragam warna.









 suasana penyambutan anak-anak SAI oleh para guru


Yang tua menyayangi yang muda dan yang muda menghormati yang tua sangat diterapkan disini sebagai bentuk penanaman karakter positif sejak dini. Setelah bersalaman dengan guru-guru, peserta didik langsung menuju aula untuk duduk menunggu teman-teman yang lainnya hadir, disana mereka sudah diajarkan menata sepatu boots mereka dengan rapi yang terlihat berwarna warni.
Sepatu boots anak-anak yang tertata penuh warna


Setelah itu mereka diajak untuk baris berbaris sesuai dengan kelas dan tingkatan mereka, karena SAI Studio Alam terdiri dari TK A, TK B dan SD maka yang didahulukan baris berbaris dari tingkatan terkecil yaitu TK A, mereka didampingi guru mereka untuk memasuki lapangan untuk muhadhoroh. satu persatu mereka berjalan menuju lapangan dan orangtua hanya diperkenankan mengantar sampai pintu gerbang utama. Setelah anak memasuki lapangan dengan tertib, acara penyambutan pun dimulai dengan diawali membaca Alqur'an yang dibacakan oleh Ust Mansyur dan disambut oleh kepala sekolah SAI Studio Alam Bapak Rizkoh .











Setelah penyambutan anak-anak diarahkan menuju kelas mereka masing-masing, disana mereka di pandu guru-guru tapi bukanlah guru kelas mereka. Anak-anak SD diberi tantangan untuk menyusun puzzle dan menemukan clue tentang ciri-ciri guru kelas baru mereka di botol yang sudah diletakan panitia guru di tengah pulau kecil diantara saung yang dikelilingi kolam yang dalamnya bisa dan aman dijangkau anak-anak. Anak-anak antusias untuk bersama-sama memecahkan clue dan mencari guru kelas mereka yang baru. Ada yang berani masuk kedalam kolam dan mencari botol yang berisi clue tersebut. Dan mereka langsung siap-siap mencari guru-guru kelas mereka disegala penjuru sekolah alam. 





Setelah anak-anak menemukan guru kelas mereka, mereka langsung menuju ke kelas mereka masing-masing dan memulai aktivitas awal dengan guru kelas barunya. Beberapa anak yang bajunya basah dipersilahkan untuk berganti baju dengan yang baju bersih yang sudah anak-anak bawa dari rumah. Minggu awal masuk sekolah anak-anak dipulangkan pada pukul 11.00 pagi karena masih masa penyesuaian dan adaptasi serta guru-guru juga mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengajaran selama satu semester kedepan agar maksimal.




Itulah kegiatan anak-anak SAI studio alam depok dihari pertama mereka sekolah, seru ya. dan merekapun sangat happy  dan excited dihari pertama mereka sekolah.

Kantor yang masih proses renovasi







Inilah sedikit cerita tentang moment first day school di Sekolah Alam Indonesia Studio Alam Depok. Semoga cerita ini bermanfaat dan penuh hikmah. Dan bagi orantua yang berniat menyekolahkan anaknya di SAI semoga kisah ini memberikan sedikit gambaran tentang SAI sekolah yang mendekatkan anak dengan alam dan kurikulum yang penyampaiannya berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Terimakasih sudah mampir dan membaca blog receh aku. Doakan semoga bisa terus produktif dan makin bagus menulisnya hehe maklum masih sangat pemula dan belajar menulis. Wassalam.







You May Also Like

0 comments

Part Of MBC

Part Of MBC
Mom Blogger Community

Total Pageviews